Tulisan

Kang Ojek Online

Dalam 2 tahun ini tren ojek online sudah marak di Indonesia. Berbagai macam vendor perusahaan ojek online baik lokal maupun punya asing sudah masuk dan bahkan menginvasi Indonesia. Dan dengan perbagai pro kontra dan permasalahan di lapangan dan intervensi kepentingan pihak-pihak tertentu.

Di Pontianak sendiri, trimester pertama 2017 sudah masuk provider ojek nasional yang membuka cabang dan siap bersaing dengan ojek online lokal yang berbasis aplikasi sejenis maupun via komunikasi 2 arah (chat atau telepon). Sama halnya di pusat, pro kontra juga terjadi disini. Baik dengan provider lokal maupun dengan ojek pangkalan dititik-titik sepanjang kota. Sudah beberapa masalah yang timbul dari hal tersebut. Biasa masalahnya adalah persaingan rezeki.

Kalau dah masalah isi perut, apa aja bisa terjadi. Bahkan sampai perkelahian pun tidak segan-segan terjadi. Ini memang harus di waspadai oleh siapapun. Karena efeknya akan kemana-mana.

Diluar pro kontra dan resiko diatas, kula mengapresiasi orang-orang yang mau bekerja sebagai ojek online (kang ojek). Yang pasti pekerjaan yang halal, bekerja dan berpenghasilan dari hasil keringat sendiri. Walaupun ada cost sharing dengan provider, tapi kan sudah pada tau aturan mainnya jadi tidak masalah. Dan kula memiliki banyak teman yang juga ikut sebagai kang ojek online. Baik itu teman komunitas maupun saudara pun ikutan.

Apresiasi buat mereka. Ada yang sebagai sambilan, ada juga yang full time sebagai kang ojek online. Ada teman club motor yang dia jarang kopdar, ternyata bekerja. Dan termasuk saya, jangan sampai pekerjaan terganggu untuk sekedar kumpul. Tetapi kalau sedang tidak kerja atau punya waktu, ya ikut kopdar. Jadi saling menyeimbangkan waktu dan komunikasi dengan teman-teman.

Kula sendiri juga menggunakan ojek online jika sedang di Jakarta dan kota-kota di Jawa. Sangat membantu. Juga bisa mempunyai wawasan baru dari hasil berbincang dengan kang ojek online.

Pokoknya selamat bekerja teman-teman kang ojek online. Selalu berhati-hati dalam berkendara. Jaga keselamatan diri dan penumpang kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *